Thursday, February 20, 2014

Cara Yang Benar memperbaiki Laman Yang Dicekal Google

Posted by Unknown
Cara memperbaiki Laman Yang Dicekal Google - Hari ini saya mengunjungi akun webmaster tools dan melihat laporan secara terperinci tentang perkembangan blog zonadumay ini. maklum sebagai pemula yang sedang belajar membangun blog membuka satu persatu tab laporan yang ingin dilihat mulai dari keyword yang masuk hingga mengecek data terstruktur. dalam laporan data tersruktur tersebut saya menemui laporan bahwa ada laman yang dicekal google.

cara memperbaiki URL error yang dicekal webmaster tools

Memperbaiki URL Error yang dicekal di Webmaster Tools

 Awalnya saya sempat mencari-cari cara memperbaiki laman yang dicekal oleh googlebot tersebut, tapi tak satu trik pun yang berhasil, bahkan mencoba utak atik robbot.tx. Lebih parahnya lagi di google begitu banyak judul yang beredar "Cara Mengatasi URL Dicekal Robots.tx" tapi sayangnya ternyata cara tersebut menyesatkan jika tidak paham fungsi dari robbots.tx. bisa-bisa salah memasukan perintah sama robot akan berdampak negatif pada blog kesayangan anda.


Kenapa URL laman blog anda dicekal dan dimana letak kesalahannya?

Pertanyaan tersebut pasti akan muncul ketika anda mengetahui salah satu laman dicekal oleh google, namun sadarkah anda bahwa laporan tersebut muncul karena kesalahan kita sendiri, ya masalah utama crawl error adalah tidak mengikuti aturan data tersruktur seperti yang diinginkan google. Googlebot setiap hari menganalisis laman blog anda. googlebot seakan-akan begitu paham kebiasaan user bloggernya yaitu kebiasaan gonta ganti template, kebiasaan menjadikan draf artikel yang sudah di publikasikan, kebiasan mengedit artikel yang sudah di posting!. Memang kebiasaan-kebiasan tadi tidak dilarang akan tetapi jika postingan anda sudah berhasil di index google namun besoknya anda memperharui atau mengedit lagi artikel tersebut,  ketika google bot mengindex lagi artikel/laman tersebut lalu menganalisnya dan ternyata sudah diupdate googlebot memanggil perintah "updated" dari stuktur HTML blog anda. Yang jadi maslalah adalah ketika anda mengedit/memperbahurui artikel lalu memposting kembali tapi template anda belum sesuai data tersruktur maka google berhak mengategorika laman tersebut dicekal karena tidak ada kode perintah updated dalam template anda. maka google bot pun bingung padahal seharusnya mereka saling memanggil alias tag updated yang ada dalam template memberitahu bahwa artike ini sudah di update bos!.
kira2 begitulah bahasa awam saya.

Kesalahan Missing required field updated
Kesalahan: Missing required field "updated"


Lalu bagaimana caranya agar kode update bisa memberitahu kepada google bot, silahkan cek url blog anda di webmasters tool. Setelah mengecek data tersruktur template serta sudah memperbaikinya Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar laman tersebut tidak lagi dicekal oleh google? seperti yang dijelaskan google melalui support answernya bahwasanya google butuh waktu setidaknya satu sampai dua minggu agar laman tidak lagi dicekal, dalam penjelasan lanjutannya laporan laman secara keseluruhan  di webmaster akan muncul setiap satu minggu sekali. Jika selama dua minggu masih dicekal silahkan edit lagi artikel tersebut lalu posting kembali. atau silahkan submit manual url ke google kembali. harap dingat pastikan mengedit artikel setelah anda memperbaiki semua kesalahan yang ada dalam template anda. jika sudah beres baru deh boleh leluasa mengedit artikel kembali sepeti kadang ingin Optimasi SEO ON PAGE blog kesayangan anda.

Sering gonta ganti template tapi lupa atau tidak peduli data setruktur HTML template yang baru anda pasang tapi langsung memposting artikel, nah artikel ini nantinya bisa dicekal google. alasannya sederhana, template blog anda belum sesuai struktur html yang dianjurkan google. sebenarnya tujuan google sendiri agar memudahkan mereka dan menguntungkan kita sendiri.

Sekali lagi harus diingat bahwa google bot bukan manusia, melainkan robot, dan robot punya bahasa sendiri agar bisa saling memanggil atau saling memberitahu. * istilah kerennya google bot melakukan "scan otomatis"

Lebih lanjut bisa dilihat disini
https://productforums.google.com/forum/#!msg/webmasters/hob_Jl2L13k/5KIpWg_BX3cJ

Alat webmaster tools
http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets

3 comments :

  1. makasih gan sudah share saya kebingungan mengatasinya hingga sampai ke blog ini

    ReplyDelete
  2. terimakasih banyak, sangat membantu sekali nih ilmunya...

    http://www.tokoobatku.com/obat-infeksi-saluran-kemih-herbal/

    ReplyDelete
  3. makasih gan infonya, jadi lebih ngerti sekarang, maklum masih newbie..salam kenal
    barubatu.blogspot.com

    ReplyDelete