Saturday, March 1, 2014

Panduan Google Adsense Sukses Untuk Jangka Panjang

Posted by Unknown
Serba serbi blogging kali ini akan mengulas tentang misteri Google Adsense untuk pemula maupun yang sudah memiliki akun adsense saat ini. Selain akan menjelaskan lebih detil penyebab google adsense anda dibanned, saya juga akan memberikan Tips blog/website sukses main adsense untuk jangka panjang.
Bagi kalangan publisher yang namanya google adsense tidak asing lagi ditelinga bahkan sudah banyak yang sukses dari bisnis iklan ini, tapi disisi lain banyak yang gagal main adsense dikarenakan entah akun dibanned atau tidak serius menjalani bisnis online yang menggiurkan ini. Agar tidak salah paham kenapa blog tak kunjung di appove tim adsense dan kenapa akun adsense di banned. Pada dasarnya google sangat menyayangi semua publishernya, walaupun sudah beberapa kali ditolak tetapi pihak google dengan sopannya saat memberikan keterangan kenapa pengajuan ditolak dan biasanya pihak mereka akan meminta kita untuk memperbaiki kualitas blog, begitu halnya saat ketika mereka mengirim email terkait akun disable/banned. pihak google akan meminta perbaikan dari laman-laman yang melanggar pedoman kebijakan program adsense.

A. Syarat-syarat sebelum dan sesudah mendaftar google adsense

1. Pastikan anda sudah berusia 18 tahun ke atas.
2. Blog/website yang akan didaftarkan harus milik diri sendiri bukan milik orang lain
3. Pastikan blog anda sudah memiliki laman menu navigasi yang jelas, seperti kategori/label, about, sitemap, privacy policy dan kontak.
4. Pastikan template blog anda sudah susuai dengan struktur data HTML webmasters tools
5. Pastikan kontent blog anda tidak rasis alias SARA (Suku Ras Agama Antar Golongan)
6. Pastikan blog anda bukan situs dewasa dan situs judi onlin
7. Pastikan Konten blog anda bukan tempat berbagi software bajakan maupun crack software dan bukan yang mengajarkan cara hacking password dst alias situs warez.
8. Pastikan Blog anda tidak ada link url yang mengarah kata "download" yaitu membagi-bagikan file yang bukan bersifat gratis seperti Musik, Film, Novel, Skripsi dan lain-lain yang berkenaan dengan HAKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) orang lain.
9. Postingan artikel tidak ada yang copy paste dari milik orang lain dan bukan blog spam
10. Tentang minimum jumlah postingan umur blog. Tidak ada aturan resmi dari google jumlah minimal postingan dan juga tidak ada aturan khusus minimum umur sebuah blog. Setidaknya google menginsyaratkan sebuah blog sudah ada pengunjung yang aktif atau setidaknya SEO blog yang baru jadi sudah optimal.
Kesimpulan : Blog/website anda tidak bertentangan dengan hukum indonesia maupun hukum intersional dan artikel yang diposting memberi informasi yang bermanfaat alias layak dibaca semua kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa dan sampai orang tua. Dalam perjanjian kebijakan program adsense, google bekerja sama dengan semua pihak penegak hukum nasional maupun internasional dan tidak segan-segan menangguhkan akun adsense jika tim adsense menerima laporan dari siapapun.

B. Larang-larangan dari google adsense

Semua syarat-syarat diatas akan berlaku selama anda sudah terikat dengan kebijakan perjanjian google adsense.

1. Jangan mengklik iklan sendiri sekalipun
2. Jangan meminta orang lain untuk mengklik iklan, biarlah mereka mengklik dengan secara alami atas keinginan mereka (pengaruhnya nanti invalid click akan berdampak buruk pada akun google adsense anda)
3. Jangan tempatkan kode iklan di blog dewasa, judi, warez maupun sejenisnya.
4. Jangan memodifikasi script iklan (menambah atau mengurangi kode iklan example : menambah iframe alias bingkai iklan)
5. Jangan gunakan traffic exchange yang gratis maupun yang premium. ingat Google juga menghitung  perseribu tayangan iklan yang tampilkan pada laman. (resikonya invalid tayangan halaman juga berpotensi dibanned)
6. Jangan memasang iklan per laman lebih dari 3 unit, google hanya menghitung 1 unit iklan sekali tayangan.
7. Jangan tempatkan kode iklan yang berdekatan dengan konten gambar maupun link download (Lebih baik mencegah potensi invalid klik daripada berurusan dengan tim adsense penyebabnya karena klik yang tidak disengaja atau klik yang tidak diinginkan oleh visitor)
8. Jangan memasang script untuk menonaktifkan cokies browser visitor.
Kesimpulan : Menghindari dari hal-hal yang tidak disukai oleh google akan lebih aman ketimbang curang. Curang adalah prilaku yang sangat dibenci google sebagai contoh traffic blog anda hari ini 2000 visitor yang berkunjung, besok sampai seterusnya cuma 20-40 visitor (traffik kunjungan menurun).  Contoh lain jumlah tayangan halaman 4000 tapi jumlah klik mencapai 500-1000 klik. Google akan curiga bahwa sudah terjadi invalid click. selain itu juga jauhi dari menempatkan iklan melayang-layang atau iklan yang nempel disisi kanan maupun disisi kiri. (*sisi kanan atau sisi kiri bukan sidebar ya) "Tidak ada satu trik pun untuk mengakali adsense yang ada hanyalah bagaimana kita menempatkan unit iklan yang cocok dengan template blog".

Akun adsense anda di nonaktifkan?

Silahkan anda pahami lebih serius kebijakan program adsense disini
https://support.google.com/adsense/answer/48182?hl=id

C. Anjuran dari google adsense

  • Menjaga nama baik google dan menghargai advertiser adsense google. Bayangkan jika citra google buruk dimata para langganan advertisernya, google akan rugi dan father publisher google pun tidak mendapatkan apa2 karena tidak ada iklan yang ditayangkan.
  • Menata blog dengan rapi dan profesional. Maksudnya empunya blog setidaknya paham sedikit-sedikit tentang mengakpilkasikan kode HTML, CSS dan Javascript.
  • Membuat artikel yang original, relevan, kaya informasi dan postinglah apa yang anda pahami bukan mengikut blog tetangga. Intinya memposting artikel dengan niat ikhlas, terbaru/terkini, menulis dengan bahasa yang mudah dipahami plus sesuai pengetahuan anda. jangan memposting artikel yang tidak anda pahami. sebagai contoh blog tentang kesehatan. Anda tidak pernah kuliah di jurusan kesehatan/kedokteran atau bidang ilmu pengetahuan anda bukan di kesehatan tapi blog anda mengulas tentang kesehatan. jika nantinya ada salah satu komentar yang berkenaan, lalu anda tidak mengerti juga jawaban anda ngaur. Padahal masalah kesehatan itu sangat sensitif.
  • Mengistimewakan tamu ingat pepatah "tamu adalah raja", disadari atau tidak tamu berhak untuk menekan tombol close jika tampilan blog anda penuh dengan iklan, loading blog anda lama atau berat, penuh dengan kata welcome serta widget melayang-layang lainnya. tapi tidak menemukan informasi yang relevan diblog anda. Dampaknya hari berikutnya sang visitor tidak akan berkunjung lagi ke blog anda. *cobalah riset seberapa bermanfaat blog anda bagi orang lain dan apakah merasakan hal yang jika mengunjungi blog/situs orang lain dengan keadaan seperti itu?

D. Tips blog sukses untuk adsense jangka panjang

a. Postinglah artikel-artikel secara teratur minimal 3 hari sekali.
b. Postinglah artikel yang mampu memikat hati seorang visitor akan berkunjung kembali ke blog anda.
c. Dapatkan ide segar dari website fortal berita, majalah ataupun yang lebih lengkap dari buku, juga bisa dari televisi dan sumber lainnya. Website berita dan televisi tidak pernah alpa memberitakan sebuah kejadian atau sebuah pristiwa, menampilkan hiburan bagi pemirsa dan sering kali menayangkan segmen-segmen inspirasi serta motivasi. Anda bisa mengulas lebih dalam dari apa yang anda lihat dan jadikan sumber news tadi sebagai rujukan informasi. Begitu juga dengan buku yang merupakan jendela dunia dengan membaca dari buku kita mendapatkan pencerahan dan pemahaman. Menulis kembali dengan bahasa sendiri tidak dilarang oleh google. Google sangat menyukai blog yang beda dari yang lainnya, ini nantinya agar tidak terjadi duplikat kontent di search engine.
d. Google tidak melarang berbagi file "download" melaui blog akan tetapi anda diminta untuk menautkan link ke sumber resmi misalkan anda berbagi album musik, software, Novel, dan lain-lain maka anda sangat diminta untuk mengarahkan link download ke situs resmi nama band atau ke situs resmi pemilik sah produk tersebut.

Sekiranya itu saja sekilas berbagi tentang google adsense mudah-mudahan bermanfaaf bagi semua pembaca.

4 comments :

  1. maknyusss bener postinganya

    ReplyDelete
  2. Team dari Google Adsense memang Profesional semua ya. Yang pasti kita jadi seperti anak TK yang harus di ajarin cara-cara biar baik dan tidak nakal he.. BTW, saya mencari informasi adsense dan searching di Google dgn keywrod 'cara mudah bermain adsense untuk jangka panjang'. Ketemu blog Mas diUrutan ke 2. Saya mw cari 'Tips Main Adsense Untuk Newbie'.

    ReplyDelete
  3. tentu semua blogger mau sukses ya sob dan tentu juga berkeingnan utntuk berpenghasilan besar. terima kasih atas artikelnya dan salam kenal dari www.terwujud.com

    ReplyDelete